Oleh: PBC | Januari 1, 2010

Merawat Rantai Motor

Monday, 03 August 2009
Image RANTAI sepeda motor adalah salah satu komponen utama yang harus diperhatikan. Komponen ini harus dijaga kebersihannya dari pasir, debu dan air untuk agar berfungsi dengan baik. Pasalnya lewat rantai inilah tenaga mesin tersalur ke roda.

Agar awet rantai juga butuh pelumasan. Gunakanlah pelumas khusus rantai semprot yang banyak dijual di toko aksesori dan bengkel kendaraan. Namun sebelum memberikan pelumas pada rantai, sebaiknya periksa keadaan rantai.

Jika kotor, bersihkan rantai namun perhatikan jenis rantai motor Anda. Pasalnya pada motor tertentu seperti Honda NSR memiliki sistem pelumasan tertutup. Dari pabriknya rantai telah dibekali dengan gemuk khusus diantara bantalannya. Agar gemuk tidak capat habis, tiap mata rantai terdapat seal karet.

Untuk rantai model ini tidak dianjurkan menggunakan minyak tanah untuk membersihkannya karena akan merusak karet-karet seal yang ada. Lebih baik menggunakan air dan sabun krim dibantu dengan sikat gigi bekas untuk membersihkannya.

Setelah itu, jangan biarkan rantai basah oleh air terlalu lama. Segera keringkan menggunakan lap kain dan semprotkan pelumas secukupnya secara merata. Hal ini untuk mencegah karat yang timbul akibat ‘tajam’-nya zat kimia pada sabun krim.

Untuk rantai sepeda motor jenis konvensional dapat dibersihkan dengan minyak tanah dan sikat gigi. Lakukan pembersihan diseluruh bagian hingga ke celah-celah rantai. Jangan lupa bersihkan juga permukaan gear depan maupun belakang agar sempurna.

Jika kotoran sulit terangkat dapat diatasi dengan mencampur sabun krim dan minyak tanah. Setelah itu bilas dengan air, bila perlu gunakan semprot air kemudian keringkan segera. Semprotkan pelumas cair keseluruh permukaan rantai secukupnya.

Rantai yang bersih selain enak dilihat, juga membuat rantai awet. Tidak disarankan menggunakan gemuk karena sifat gemuk yang lengket membuat pasir dan debu mudah menempel. Kotoran yang menempel pada permukaan rantai yang bersinggungan dengan gear akan bersifat abrasif yang membuat usia pakai rantai dan gear menjadi lebih singkat.

Selain memperhatikan kebersihan rantai, periksa dan sesuaikan ketegangan rantai agar rantai tidak memberikan dampak menghentak saat motor berakselerasi maupun deselerasi. Rantai yang kendur juga akan menimbuklkan suara berisik yang mengganggu kenyamanan berkendara.

Source: Mediaoto.com

Social List Bookmarking Widget


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: