Oleh: PBC | Januari 10, 2010

Ganti Pelg P180 dengn Pelg Megapro

artikel diambil dari Oto tips

Selasa, 05/01/10 15:12 Oto Tips Motor Pasang Pelek Honda Mega Pro Di Bajaj Pulsar 180 DTS-i OTOMOTIFNET – Dengan pelek standar yang lebarnya 1,85 inci di depan dan 2,5 inci buat bagian belakang, membuat kaki-kaki Bajaj Pulsar 180 DTS-i terlihat langsing. Kondisi seperti ini, membuat beberapa pengguna motor 180 cc tersebut berkonsultasi dengan Irwan dari Siantar Motor Sport (SMS) di Bekasi.

“Konsultasinya seputar bagaimana cara upgrade kaki-kaki, namun biayanya tidak terlalu mahal,” ungkap mekanik bertubuh gempal ini. Dari survei yang dilakukan pada kantong-kantong penjual aksesori motor, tidak didapat tatakan si karet bundar aftermarket yang khusus buat Bajaj. “Malah didapat substitusinya, yakni pelek bawaan Honda Mega Pro. Ukuran lebarnya buat depan 3 inci dan belakang 3,5 inci. Soal harga, pelek paling murah cukup rogoh kantong Rp 650 ribuan (gbr.1),” tuturnya.

Gbr 1 Gbr 2 Gbr 3 Gbr 4 Terus kalau sudah ketemu alternatifnya, lalu cara pasangnya gimana Sob? “Soal aplikasinya tidak perlu banyak melakukan ubahan, tinggal pasang saja. Pasalnya banyak kesamaan part antara 2 produk tersebut, terutama di bagian kaki-kakinya,” ungkap Irwan. Kesamaan part yang dimaksud adalah baik Bajaj maupun Mega Pro, sama-sama pakai as roda dengan diameter 15 mm (gbr.2).

Selain itu, kode bearing yang dipakai juga sama. Untuk pelek depan pakai kode 6301, sementara bagian belakangnya pakai bearing dengan kode 6302 (gbr.3). Dengan 2 kesamaan tersebut, baik as roda maupun bearing-bearingnya tetap pakai orisinal bawaan Bajaj.

Khusus buat pelek depan terutama di bagian pengereman, mesti dilakukan penyesuaian. Antara Bajaj dengan Mega Pro, ternyata dudukan baut cakramnya berbeda. Supaya pengereman depan tetap berfungsi, cakram bawaan Bajaj mesti dipensiunkan (gbr.4).

Sebagai gantinya, mesti pakai cakram yang khusus bawaan Mega Pro. “Mau yang orisinal maupun aftermarket sama saja, yang penting cakram punya Mega Pro. Oh ya, upgrade kaki-kaki ini tidak menghilangkan fungsi spidometer, lo,” tutup Irwan. SMS: 021-99459898 Penulis/Foto: Oct / Dede


Responses

  1. udah bagus tuuh velg…bro .ngapain dituker ma velg mega pro.mending beli accesorisnya aja bro.biar tambah cakep””


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: