Oleh: PBC | Mei 22, 2010

Test Pulsar 135 by Motor Plus

Tulisan ini contek komplit dari motor plus, jadi valid dan otentik, bukan rekaan.

Sesuai Nama Belakang!

2010-05-07 21:24:00
4485firstride-pulsar-135_boyo1.jpgPT Bajaj Auto Indonesia (BAI) coba menerobos pasar sport Tanah Air lewat Bajaj Pulsar 135LS. Boleh dibilang, karakter yang ditawarkan tak ubah nama belakang varian itu sendiri. Ya, LS yang singkatan dari Light Sport!

“Dengan nama besar Pulsar, varian baru ini juga identik dengan performa,” ujar K.S. Grihapathy, Presiden Direktur BAI. Wah, masa sih, pak! Biar enggak sekadar omongan, boleh dong Em-Plus lakukan first ride.

Makin sip, kalau 135LS ini dikendarai dengan beragam situasi jalan dong. Yap! Pertama, dicoba dikendarai melewati daerah yang sarat dengan kemacetan. Hasilnya, memang sesuai nama.
4487firstride-pulsar-135_boyo3.jpg
Dengan berat kosong 122 kg, Pulsar 135LS terasa ringan diajak berkelok diantara deretan mobil-mobil yang hampir memenuhi lebarnya ruas jalan. Tapi, kemudahan handling ini bisa juga dari ergonomi yang ditawarkan.

Meski dilengkapi model setang jepit, tapi 135LS juga menawarkan berkendara sigap. Ya, tentunya dengan badan tegak. Sehingga, kontrol kemudi jadi lebih mudah tanpa harus kesulitan keluarkan tenaga berlebih.

Meski tidak sepenuhnya menjepit sok depan, karena setang lebih berdiri di atas segitiga, tapi ini bagai kelebihan yang ditawarkan. Sehingga, kala badan merunduk untuk hindari terpaan angin pun tetap nyaman dilakukan.

Jadi, setidaknya dari first ride awal yang dilakukan sedikit bisa menepis. Ya, menepis kalau motor sport itu agak enggak nyaman untuk dipakai di perkotaan yang sarat kemacetan. Hmmm… lanjut!

4486firstride-pulsar-135_boyo2.jpgBicara power, kebetulan Em-Plus dapati jalan yang tawarkan trek lurus sekitar 500 meter. Mantapnya lagi, lalu lintas jalan dalam kondisi sepi. Tangan pun, mulai gatal untuk membejek habis grip gas.

“Mesin Pulsar 135LS ini hasilkan tenaga yang setara motor sport berkapasitas 150 cc. Yaitu, 13,5 hp,” ujar Vaibhav Gupta, Marketing And Customer Satifaction GM BAI di sesi launching yang dilakukan di Hotel Mulia, Senayan.

Rasanya omongan itu harus dibuktikan. Jangan cuma omong belaka sebatas berpromosi. Sontak grip gas dibuka sejadinya sembari lepas tuas kopling. Ternyata, performa yang ditawarkan Pulsar 135LS ini cukup agresif.

Dengan menginjak tuas perseneling ke bawah dan sisanya mencongkel ke atas, top-speed 120 km/jam Em-Plus dapati di jarak 500 meter. Itu terlihat jelas lewat pantauan spidometer digital yang diaplikasi Pulsar 135LS.

Untuk gigi I, 135LS berlari hingga 45 km/jam sebelum suplai pengapian sentuh limiter CDI di 10.000 rpm. Sedang gigi II, hingga 65 km/jam. Gitu selanjutnya hingga gigi 5 (terakhir) capai di 120 km/jam.

Tapi rasanya, kecepatan masih bisa dikembangkan jika jarak trek lurus masih tersisa jauh di depan. Sebab meski capai 120 km/jam, Em-Plus tak dapati limiter memutus suplai api ke ruang bakar.

Mungkin power yang dimuntahkan itu tercipta karena engine 135LS ini aplikasi empat klep. Mantapnya lagi, pengabutan yang terjadi dibakar dua busi yang jadi ciri khas Bajaj dengan teknologi DTS-i.

“Teknologi ini yang pertama di dunia. Setidaknya dengan mesin 4 katup dan busi kembar ini, tercipta efisiensi bahan bakar dan power. Sehingga ketika mesin 2 katup sudah merasa terhimpit, mesin 4 katup masih bisa terus capai putaran tinggi,” tutup Grihapathy. Sesuai?

Penulis/Foto : Eka/Boyo


Responses

  1. .. Knpa club bj puls g’ mlhat/ngtes joki x pra pmda bj puls 135 cc. . . ??

  2. salam kenal N ikut gabung
    itu yang ngetes/ jokinya sapa ya?

    • yang ngetes dan nulis si Eko dari Motor Plus tabloid motor..knapa sih kang bro

      • ngak bro cuman canda aja, Sayang keluarnya telat, kok ngak dulu2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: