Oleh: PBC | September 27, 2010

Merasakan Sengatan Kalajengking Yamaha Syubhan Akib – detikOto

Spec nya  nyebutin 18.2 ps di 8000rpm,  kok turun powernya yaa- yang lama katanya 19ps di 8000 rpm? kok sekarang 18.2 ps aja..
BTW yang jelas ini jubah baru jeroan lama.. biasa daur ulang..
Senin, 27/09/2010 15:42 WIB

Merasakan Sengatan Kalajengking Yamaha

Syubhan Akib – detikOto
Gambar

Jakarta – PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) baru saja memperkenalkan Scorpio-Z terbaru yang mengenakan jubah kebesaran yang baru pula. Namun seperti apakah kemampuan si kalajengking ini?

Beruntung, detikOto mendapat kesempatan ‘menyiksa’ motor sport Yamaha dengan tahta tertinggi di Indonesia ini di padang savana Gunung Bromo akhir pekan lalu.

Spesifikasi

Mesin 223 cc 4 Langkah, 2 Valve SOHC
Rasio kompresi 9,50:1
Daya 18.2 ps @8.000 RPM
Torsi maksimum 17.5 Nm @6.500 RPM
Harga Rp 23,5 juta (Jakarta)

Tentu saja kesempatan itu tidak kami sia-siakan untuk mengupas kemampuan motor yang bentuk headlampnya mengadopsi desain lampu depan milik Yamaha FZ8 dengan disain tubuh terbaru yang terinspirasi dari MT-01 tersebut.

Tampilan tersebut membuat motor yang memiliki kapasitas mesin bersih sekitar 223 cc tersebut semakin fresh dan up to date saja yang akhirnya membuat motor ini jadi semakin enak dipandang.

Namun lampu belakang yang diaplikasi di Scorpio-Z sepertinya perlu mendapat perhatian lagi. Karena meski mengusung disain baru yang lebih keren, dudukan lampu belakang ini ternyata kurang kuat dan membuat lampu bagian belakang ini jadi mudah goyang.

Selesai dipelototi, detikOto langsung naik ke kalajengkin baru ini. Kesan pertama ternyata motor ini tampil lebih nyaman dengan tinggi tempat duduk 770 mm. Posisi berkendara pun makin terasa nyaman berkat stang lebar yang diaplikasi.

Mesin 4 Langkah, 2 Valve SOHC yang berpendingin udara pun terasa lembut namun bertenaga. Ketika grip gas diplintir, kalajengking yang dilepas dengan harga 23,5 juta ini pun langsung melesat.

Mesin tersebut pun terasa penuh menyemprotkan tenaganya, baik di putaran bawah maupun di putaran atas. Meski sama seperti Scorpio-Z generasi sebelumnya yang memiliki tenaga puncak hingga 18,2 PS di 8.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 17,5 Nm pada 6500 rpm.

Di padang savana ini pun si kalajengking membuktikan diri meski dengan dimensi tubuh 2.025 mm x 765 mm x 1.095 mm (PxLxT) Scorpio-Z mampu menari dengan lincah berkat tipe sasis Double Cradle yang diusung serta aplikasi suspensi teleskopik di kaki begian depan serta monocross di bagian belakang yang terbukti mampu dengan efektif meredam getaran akibat medan berat yang dilalui motor ini.

Over all, dengan segala penyempurnaan yang ditampilkan pabrikan berlambang garpu tala itu pada Scorpio-Z, konsumen sepertinya pantas melirik motor ini bila hendak membeli motor berkapasitas 150 cc keatas. Karena dengan segela kemampuan yang dimilikinya, Scorpio-Z sepertinya siap menyengat pasar motor Indonesia.

( syu / ddn )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: